Bermain Dalam Imajinasi Bersama ASUS ROG GX800


Bagi saya, berkelana tidak selalu harus dengan fisik yang berpindah dari suatu tempat ke tempat lain. Terkadang berkelana cukup hanya dengan imajinasi. Memuaskan hasrat diri bertualang terkadang hanya butuh kekuatan strategi dan jari jemari yang lincah menari. Menari pada deretan keyboard, pada sebuah mesin imajinasi yang bertenagakan prosesor Intel Core i7 -7820HK yang bernama ASUS ROG GX800.

Alkisah, tersebutlah sebuah negeri bernama Republic of Gamers. Sang raja negeri itu sedang gundah gulana dalam mengurusi negerinya. Dalam waktu dekat, Ia harus berperang melawan klan negeri api, tetapi senjata yang Ia miliki sudah tidak mumpuni. Gundah sang raja kemudian diketahui oleh Mpu Jerry, sang pencipta segala macam alat tempur kerajaan. Mpu Jerry menghadap raja dan membawakan sebuah senjata baru, dengan maksud membuat hati sang raja kembali bergembira dan tidak takut menghadapi perang melawan musuh.

Paduka Raja, saya membawakan kepada anda sebuah Laptop Baru untuk menjadi senjata anda berperang. Laptop ini saya namakan ASUS ROG GX800 paduka. Ujar Mpu Jerry ketika menghadap raja.

Ceritakanlah pada ku Mpu Jerry, kenapa laptop ini bisa menghilangkan gundah gulana hati ku ini Balas sang raja.

Mpu Jerry pun bercerita tentang sang ASUS ROG GX800, senjata terbaru buatannya. Ia bercerita bahwa laptop ini adalah sebuah penyempurnaan dari senjata kerajaan terdahulu, ASUS ROG GX700. Laptop ASUS ROG GX800 ini berpenampilan mewah dan sangat menggambarkan fungsinya sebagai laptop untuk para gamers yang biasa berperang dalam imajinasinya. Dibalut dengan casing berwarna metallic grey dan dua garis tegas berwarna merah dengan sudut kemiringan 70 derajat, laptop ini adalah sebuah senjata berperang yang mampu membuat para lawan bergidik dengan performanya. 



Perbadingan dengan versi terdahulu
 
Bagaimana dengan dapur pacu senjata ini Mpu Jerry? Saya butuh laptop dengan dapur pacu yang mumpuni. Potong sang raja pada cerita Mpu Jerry.

Prosesor Intel Core i7-7820HK adalah otak cerdas dari laptop ini. Senjata baru kerajaan ROG ini memiliki kecepatan clock speed lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yakni 4.6 GHz. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada banyaknya frame rate dalam sebuah game. Pasukan Republic of Gamers akan bergerak lebih cepat untuk sekadar bersembunyi, hingga melakukan penyerangan kepada lawan ketika game sedang berlangsung. Tidak hanya itu, clock speed yang tinggi juga akan mempercepat waktu rendering 3D/video serta mempercepat aplikasi yang begitu membutuhkan daya yang sangat besar. Sudah terbayang bagaimana cepatnya para prajurit gamers melakukan perancangan strategi untuk membuat menara pertahanan dalam model 3D dan membuat video propaganda ajakan untuk membela Republic of Gamers.

Hemmm menarik! Mpu Jerry coba tolong jelaskan pada saya tentang GPU dan layar laptop ini! Sang raja yang semula berjalan mondar mandir kini duduk di singgasananya dan mendengar dengan serius.

Layar laptop ini sebesar 18.4 inci. Sebuah layar yang begitu besar bagi sebuah laptop. Layar laptop ini juga merupakan layar IPS yang menjanjikan reproduksi gambar yang lebih baik dan akurat. Layar ini beresolusi Ultra HD alias 4K (3840X2160), dan dilengkapi dengan refresh rate 60Hz. Artinya, layar mampu menampilkan sebanyak 60 gambar perdetiknya. Layar IPS juga mendukung sudut penglihatan yang lebih besar yakni 178 derajat, baik vertical maupun horizontal. Hal ini menguntungkan para gamers, karena akan lebih mudah menujukkan kemampuannya, dan dirinya sendiri memiliki ruang yang lebih lapang untuk bermain. 




Teknologi layar ASUS ROG GX800 ini juga menyediakan empat mode pengaturan tampilan layar bernama Splendid Display. Ada mode Normal dimana LCD diprogram secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Ada model Eye Care, dimana LCD diprogram untuk mengurangi kecerahan cahaya biru yang bisa menciderai retina mata. Kemudian ada mode Vivid yang diprogram untuk menampilkan kontras dan ketajaman warna yang lebih tinggi. Manual mode adalah mode yang diprogram agar pengguna laptop ini bisa mengatur sendiri preferensi layarnya. 

Semua kehebatan layar tadi ditenagai oleh GPU NVIDIA bertipe 2 Way SLI GTX1090. Artinya terdapat dua buah VGA card GTX 1080 yang ditanam di dalam notebook, kemudian performa dan kinerja dari keduanya digabungkan untuk menghasilkan kekuatan yang lebih besar. Secara spesifikasi GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, sementara base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz. Adapun VRAM untuk satu buah GTX 1080 adalah sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps. Selain itu kartu grafis ini telah dilengkapi feature VR ready, Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL, dll. Artinya, kartu grafis ini sudah tidak perlu diragukan kemampuannya dalam menjalankan game dengan grafis kelas berat seperti Dota 2, ataupun aplikasi seperti Premiere Pro dan AutoCad. 

Baiklah Mpu Jerry, bagaimana dengan penyimpanannya? Tanya Raja

Tenang saja paduka, paduka tidak akan kecewa, jawab Mpu Jerry dengan senyuman khasnya.

Media penyimpanan laptop ini adalah penyimpanan cepat berbasis SSD yang berjumlah tiga buah. SSD ASUS ROG GX800 adalah SSD buatan Samsung yakni SM951 yang diklaim sebagai solid state disk tercepat abad ini. SSD ini juga memiliki vitur NVMe alias Non Volatile Memory Express yang memanfaatkan slot PCIE generasi ke-3 M.2 untuk memaksimalkan kecepatan banwidth-nya. Slot PCIE 4 yang digunakan laptop ini akan menghasilkan kecepatan membaca SSD hingga 20Gb per detik.

Sungguh ku ucapkan terimakasih ku Mpu Jerry atas karya senjata mu yang hebat ini. Aku begitu bahagia mendengarnya bahwa kita memiliki semua yang terbaik untuk menghadapi musuh di medan perang Jawab Raja ROG begitu terharu.

Belum berakhir wahai paduka penjelasan saya tentang laptop ini. Jika berkenan ingin saya melanjutkannya Ujar Mpu Jerry. Rajapun mengiyakan dan Mpu Jerry melanjutkan ceritanya.

Hal yang begitu menarik dari laptop ASUS ROG GX800 ini adalah antena Wifi eksternalnya. Dengan menggunakan eksternal Wifi kemampuan dan kecepatan laptop dalam menangkap sinyal menjadi lebih baik dibandingkan dengan Wifi antena standar. Hal ini akan memudahkan para prajurit Republic of Gamers saat hendak memainkan game online tanpa menggunkan LAN. 

Hal yang luar biasa dari laptop ini disamping keyboard bernyala yang bisa menampilkan berbagai warna, juga adalah keyboard-nya yang sudah menggunakan keyboard mekanis. Hal ini praktis membuat kenyamanan keyboard dan daya tahannya menjadi semakin baik. Tombol WSAD juga diberikan warna agak bold dengan aksen putih di sekelilingnya. Perangkat ini juga memiliki trackpad yang sangat responsif dan punya daya jelajah yang amat luas. Selain itu paket pembelian laptop ini juga telah dilengkapi dengan mouse Gladius, sebuah mouse gaming yang dapat di set DPI-nya hingga 6400 dan sangat ideal untuk permainan bertipe First Shoot Shooter. 

Sang raja termenung sejenak, menyeka rambutnya dan kemudian bertanya Semua kebolehan laptop ini pasti membuat panas bukan? Bagaimana aku bisa menjaga senjata ini tetap dingin? Tanya sang raja.

Mpu Jerry begitu sumringah mendapat pertanyaan sang raja yang telah ia tunggu-tunggu.

Hydro Overclocking Station
Menjalankan game tetap lancar dan suhu normal dengan teknologi pendinginan mumpuni
Para prajurit ROG bisa memanfaatkan docking khusus yang berisi cairan yang tersimpan rapi dalam sebuah koper. Cara kerja dari docking watercooling ini adalah dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang berkerja. Desain pendingin ini sama dengan desain radiator watercooling pada sebuah mobil. Untuk menggunakannya juga begitu mudah. Pengguna hanya tinggal mengaitkan konektor yang ada di docking dengan notebook. Selain itu juga telah tersedia kipas dalam bodi laptop itu sendiri yang dapat dimaksimalkan penggunaannya jika tidak ingin menggunakan docking watercooling. 

Port input output laptop ini juga begitu lengkap. Terdapat port HDMI 2.0, 2 buah USB type C yang mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, Mic jak, serta 2-1 card reader. Adapula fitur dual array microphone untuk mendukung aktivitas gaming seperti LAN Party yang membutuhkan real time video chat. Karena laptop ini spesial untuk prajurit ROG, juga telah dihadirkan fitur ASUS Gamefirst III yang mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming. Dengan aplikasi ini, bandwidth internet akan diprioritaskan untuk menjalankan aktivitas gaming.

Tampak begitu hebat Mpu Jerry. Tetapi apakah ada kekurangannya? Agar bisa kita atasi sebelum musuh tahu terlebih dahulu Tanya raja ROG.

Kekurangannya hanya dua paduka Jawab Mpu Jerry.

Kekurangan pertama adalah boros tenaga listrik. Gaharnya perangkat ini membutuhkan pasokan listrik yang begitu besar. Selain boros tenaga, laptop ini juga begitu berat dan besar. Sehingga memang bukan sebagai perangkat yang bisa diajak berpindah medan perang dengan mudah. 


Baiklah Mpu Jerry, tidak masalah dengan kekurangan itu. Tentunya ada kualitas, ada yang harus dikorbankan dari sisi desain. Tetapi berapakah harga senjata baru untuk kerajaan ku ini Mpu Jerry? Tanya raja.

Mpu Jerry tidak menjawab. Sayapun terbangun di atas tempat tidur kapuk. Sudah hampir setengah hari saya tidur dan bermimpi menjadi pengatur strategi di negeri para gamers. Saya sadar, saya bukanlah seorang raja yang mampu merogoh kocek hampir seratus juta demi sebuah mesin imajinasi. Sebuah mesin yang mampu menjadi alat yang menerbangkan imajinasi begitu tinggi, hingga pemainnya terlupa banyak cicilan yang masih menanti. 


Main Spec.
ROG GX800 (G-SYNC)
CPU
Intel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,2GHz
Operating System
Windows 10 Home
Memory
64GB DDR4 up to 2800MHz
Storage
M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0
Display
18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
Graphics
NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 3.1 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1x Thunderbolt
Camera
Built-in HD camera and array mic
Connectivity
Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio
Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster. Built-in subwoofer, 4 speakers. ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
 
 Beberapa Screenshot hasil Benchmark




 Mode Standar

 Mode Optimized


 Mode Extreme


CONVERSATION

10 comments:

  1. Replies
    1. Betul banget, asus juara emang kalo udah soal lini ROGnya. Nggak ada lawan!

      Delete
  2. Bagai membaca kisah raja yaa dikasih hadiah mewah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha iyaa kak, saya mah anaknya halu

      Delete
  3. Gak kebeli gapapa kak, yang penting bisa nyicip pakai. Sini main ke Jakarta trus main ke kantor Asus. Nanti aku ikut. Soalnya kmren blm puas nyobain ROG pas launching event. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nih kak, jadi pengen main-main ke kantor ASUS.. pan-kapan kalo ke jakarta yaa kak :)

      Delete
  4. Lihat spec nya serem bangeet yaa.. pantes ya sebanding sama harganya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener banget, sebanding lah sama harganya

      Delete
  5. Asyik! Kayak sedang mendengar dongeng masa kecil ini :)

    ReplyDelete
  6. Mpu Jerry, mbok ya laptop GX800 nya dibawain buat aku juga. Nggak papa kok, aku ikhlas :D

    ReplyDelete

Back
to top