Sudah Subscribe Enam Youtube Channels Bertema Travel Ini?

Di postingan ini saya ingin berbagi akun-akun Youtube yang berkaitan dengan perjalanan yang menurut saya layak untuk diikuti. Saya memilih kanal Youtube yang mampu menampilkan konten yang berbeda dari kanal-kanal kebanyakan.
Share it:

Zaman berubah. Dulu menulis adalah cara agar pemikiran seorang menjadi abadi. Kini, video adalah alternatif lain untuk mengabadikan buah pikir seorang insan. Cara mengabadikan suatu perjalanan juga berubah. Ratusan tahun lalu, seseorang akan terpesona dengan cukup membaca catatan perjalanan Weber Wallace menyusuri kepulauan di Asia. Kini, seseorang akan terpuaskan ketika bisa melihat indahnya aurora borealis di Islandia, meskipun hanya lewat layar kaca.

Di postingan ini saya ingin berbagi akun-akun Youtube yang berkaitan dengan perjalanan yang menurut saya layak untuk diikuti. Saya memilih kanal Youtube yang mampu menampilkan konten yang berbeda dari kanal-kanal kebanyakan. Orisinalitas konten, jalan cerita, serta konsep video adalah hal yang paling utama saya lihat. Kemudian, konten-konten yang berguna bagi orang banyak juga saya perhatikan dalam memberi rekomendasi ini.

Kanal-kanal ini adalah sisi lain dari Youtube yang hari ini lebih terkenal karena konten-konten "drama" dan deretan nama youtuber selebriti yang bagi saya semakin hari semakin sulit untuk diikuti jalan ceritanya. Semoga rekomendasi ini berguna bagi anda untuk bisa menyegarkan timeline, ataupun untuk istirahat sejenak dari penatnya urusan dunia.

1. Do Not Settle


Kanal ini adalah kanal yang mengkhususkan untuk cerita tentang arsitektur, perjalanan, dan kehidupan urban perkotaan. Dibuat oleh dua orang arsitek berkebangsaan Indonesia dan Belgia, kanal ini hadir memberikan wawasan baru soal gedung-gedung ternama dunia. Wahyu dan Christ, dua orang di balik layar kanal ini juga suka melakukan aktivitas semacam review alat transportasi kaum urban seperti kereta, travel, dan pesawat.

Editing dan alur cerita yang menarik membuat saya jatuh cinta dengan kanal ini. Hal yang paling unik dari kanal ini adalah terkadang proses pembuatan sketsa dari gedung-gedung atau tempat yang mereka kunjungi ditampilkan. Karena seorang arsitek pastinya pandai menggambar objek, maka hasil sketsa merekapun tak jarang membuat saya takjub. Oiya, kanal Do Not Settle baru-baru ini menjadi viral karena Wahyu merekam pengumuman airport dengan bahasa Jawa di bandara Dubai. Unik bukan!


2. Geography Now


Saya adalah pecinta ilmu Geografi. Salah satu koleksi buku pertama saya adalah Atlas Indonesia dan Dunia. Hasrat mengelilingi tempat-tempat di berbagai belahan dunia juga muncul karena lembar-lembar ajaib dari buku Atlas itu. Kini, mengenal sudut-sudut bumi bisa lebih menyenagkan dengan kanal satu ini.

Geography Now adalah kanal yang dipandu oleh Paul "Barbie", yang berisi informasi setiap negara di dunia. Setiap minggu kanal ini akan mengunggah video informasi tentang negara berdasarkan urutan abjad. Ketika postingan ini ditulis, kanal Geography Now sudah sampai pada negara Iran. Informasi yang diberikan realtif sangat lengkap. Mulai dari keadaan geografis, sosial, budaya, tempat-tempat terkenal, hingga hubungan suatu negara dengan negara-negara lain. Selain itu, terdapat pula informasi tentang arti bendera dari tiap negara. Kanal ini sangat beguna untuk mencari info tentang suatu negara dan tentu sebagai cara lebih menyenangkan belajar geografi.


3. Do More Asgeir


Kanal ini adalah salah satu kanal favorit saya di Youtube. Dipandu oleh seorang penduduk asli Islandia, kanal ini hadir sebagai sebuah "travel guide lokal" menuju tempat-tempat yang masih tersembunyi di Islandia. Bagi saya, Islandia adalah sebuah negara magis yang selalu ada di puncak bucket list destinasi impian saya. Kanal ini hadir seperti angin segar bagi relatif sedikitnya informasi dari orang asli Islandia tentang destinasi di negaranya.

Dengan cerita yang cukup detil tentang suatu tempat serta destinasi-destinasi yang jarang jadi tujuan destinasi utama, kanal ini adalah sebuah pelecut semangat untuk bisa segera berkunjung ke Islandia. Menonton kanal ini saya jadi tahu ternyata masih banyak tempat magis yang belum terekspose di negeri es ini. Negara dengan air terjun, gua es, dan kenampakan alam yang luar biasa ini kini bisa dilihat dengan sentuhan cerita orang lokal Islandia.



4. Beautiful Destination


Jika tahu Sam Kolder atau Jacob, dkk. yang model warna dan efek transisi videonya sedang banyak digandrungi anak-anak muda sekarang, maka Beautiful Destinations adalah tempat mereka berkerja -Setidaknya sampai postingan ini dibuat. Kanal ini berisi film tentang suatu destinasi, biasanya sebuah kota di berbagai belahan dunia.

Saya sangat menyukai konsep video-video di kanal ini. Visual menawan tapa narasi adalah andalan, dan kanal ini berhasil memberi pesan meskipun tanpa ada manusia yang bercerita. Melihat suatu destinasi dari sudut pandang lain sepertinya adalah rahasia dari kanal ini. Karena meskipun tempat-tempat seperti Hongkong, Islandia, Vancouver, New York, dll. sudah banyak didokumentasikan, tetapi videographer dari kanal ini selalu bisa menemukan cara baru untuk membuat penontonnya terpesona.



5. Embara Films


Kanal ini adalah sebuah kanal yang menayangkan film-film yang sebagian besar bertemakan perjalanan. Kebanyakan film yang ditayangkan adalah film visual tanpa narasi. Embara film adalah salah satu kanal dari Indonesia yang membuat saya begitu terkesan dengan visual, ide cerita, tata musik, dan teknik sinematografi pembuat filmnya.

Kebanyakan footage video adalah timelapse dari suatu destinasi, star trail, dan kenampakan alam maupun perkotaan. Video di kanal ini mampu memainkan emosi, mampu membuktikan bahwa bumi dan segala isinya bisa berbicara dalam diam. Bahwa bintang gemintang itu bercahaya, dan cahayanya membuat takjub mata manusia.



6. Lost In Paradise


Kalau kanal ini sih jangan ditanya lagi. Tentunya juga harus di subscribe dong. Tenang, saya akan lebih sering untuk mengunggah film-film bertema traveling di kanal ini. Sudah ada beberapa film-film pendek bertemakan perjalanan yang siap untuk diunggah, jadi jangan terlewat yaah.



Nah, kalau kamu apa kanal youtube favorit mu? Boleh berbagi rekomendasi di kolom komentar juga yaah!
Share it:

konten

tips albertna

Post A Comment:

5 comments:

  1. Wokeeee mau ikutan juga ah mantengin kanal2 itu,,terutama yg disebut terakhir ;)

    ReplyDelete
  2. Wahh rekomendasi yang bagus.. *langsung subscribe*

    ReplyDelete
  3. Beautiful destinations tuh idola saya banget, dikemas menarik dan bikin orang pingin kesana banget haha.

    ReplyDelete
  4. wah youtube travel channels favorit kita beda ya ghan. BTW, jangan lupa subscribe aku juga yaaa hahaha

    ReplyDelete