Gatherinc Bistro & Bakery: Cafe Instagramable di Surabaya Barat

Di Surabaya Barat yang permai, dalam lingkup perumahan yang tenang dan lingkungan yang baik, berdiri Gatherinc yang adalah cafe yang sesuai dengan namanya: tempat berkumpul. Karena selain tempatnya yang Instagramable, cafe ini juga super cozy untuk dijadikan tempat berdiskusi.
Petang itu, saya bersama Koko Sinyo dan Kak Imama tiba di Gatherinc. Cafe bergaya rustic industrial ini bercahaya kuning temaram akibat terpaan lampu pijar. Berpadu dengan lengkung-lengkung besi, sudut-sudut cafe ini jadi sebuah tempat super estetik petang itu.

Kami memilih duduk di sudut dekat jendela, mencoba mengumpulkan sisa-sisa cahaya alami yang hampir hilang ditelan petang. Tak lama menu tiba, kami memilih beberapa penganan untuk dicoba-coba. Cafe ini menarik, tidak hanya menjual kopi, tetapi ada banyak pilihan makanan. Dari yang ringan, berat, sehat, hingga penambah lemak, semua ada. 

Saya suka cafe seperti ini, karena tentu tidak akan bosan karena menu yang beragam. Karenanya, cafe ini juga jadi tempat yang cocok membawa segala kalangan. Banyak orang-orang tua yang makan malam di sini, pertanda menu cafe ini juga cocok untuk mereka yang mungkin tak terlalu akrab dengan cafe kekinian.

Kafe ini spacenya luas. Ada banyak tempat tersedia untuk pengunjung. Ada yang ala sofa di sudut dekat dinding, ada meja panjang untuk berkumpul ramai-ramai, ada space yang lebih sepi di mezzanine kecil di dekat bar. Oiya, ada juga area out door. Out doornya juga terasa teduh, karena ada banyak tanaman hijau. Favorit saya adalah area kecil di lantai mezzanine. Banyak bantal-bantal empuk, juga tempatnya relatif lebih sunyi. Cocok untuk yang ingin menyendiri sambil membuat kerjaan atau tugas. Selain itu, tempat ini juga yang menurut saya paling instagramable, selain pojok mural di bagian out door.

Oiya, mari kita membahas menu yang kami pesan. Tak lama setelah memesan, di meja kami tiba Winter Blossom Smoothies, Salmon Onsen, Tuturiz, Papi's Chicken and Fries, Dark Chocolate Devil Cake, dan minumnya Summer Breeze, dan Inspiratea varian Aromatherapi. Sengaja pesan beberapa menu biar bisa beragam yang diicip. Tentunya ini menu kami sharing bagi bertiga, karena lihat saja, jumlahnya cukup banyak untuk dihabiskan sendirian. 
Smoothies Bowl
Salmon Onsen
Winter Blossom adalah smoothies bowl dengan taste berry dengan taburan museli, juga bunga kuning yang tentunya bisa dimakan. Pelengkapnya ada yogurt, madu, dan almod serta kismis. Smoothies bowl ini segar sekali. Asik dimakan siang-siang kalau cuaca sedang panas, atau juga untuk mereka yang mencari makanan super sehat. Tekstur yang padat dari smoothies ini cukup mampu membuat kenyang.

Salmon Onsen juga adalah menu yang menarik. Bisa ditebak dari namanya, makanan ini adalah kreasi iklan salmon yang dimasak dalam kuah berisi rempah-rempah. Salmonya bak berendam dalam sebuah kolam Onsen Jepang. Hidangan ini cocok untuk yang sedang pilek, atau yang suka makanan hangat. Rempah-rempahnya cukup terasa, cocok berpadu dengan pulennya nasi yang jadi pelengkap makanan ini.

Siapa sangka Tuturiz adalah kreasi dari ayam betutu khas Bali. Hidangan ini dimasak layaknya nasi goreng, namun dengan bumbu dasar dari ayam betutu. Rasanya tentu khas bumbu ayam betutu yang kuat rempahnya. Selain suwiran ayam, ada juga telur mata sapi yang menjadi pelengkap hidangan ini. Sementara itu, Papi's Chicken and Fries adalah sajian ayam goreng khas Amerika. Bedanya, ayam ini telah didiamkan dalam bumbu selama lebih dari satu hari. Jelas cita rasa ayam ini meresap hingga ke daging-dagingnya, berpadu dengan kulit ayam yang kriuk dan kentang goreng yang empuk di dalam, gurih di luar.
Tuturiz
Papi's Chicken and Fries
Terakhir ada dessert yaitu Dark Chocolate Devil. Senang sekali, karena kue ini juga jadi kue ulang tahun untuk saya yang kebetulan memang merayakan 23 tahun hidup di bumi hari itu. Dark Chocolate Devil adalah sebuah cake yang sangat pas. Tidak terlalu manis, tidak terlalu creamy, namun juga tetap bisa dinikmati sebagai sebuah makanan pencuci mulut.

Kalau minuman, saya memesan salah satu varian Inspiratea mereka. Saya cukup senang karena mereka mengkreasikan teh layaknya mengkreasikan minuman dari kopi. Karena kreasi teh ini cukup jarang ditemui di cafe-cafe lain, padahal bagi orang yang tidak minum kopi seperti saya, teh pasti jadi pilihan. Aromatherapy adalah teh yang terdiri dari campuran teh hitam, madu, jahe, dan kayu manis. Meskipun terstigma seperti sebuah minuman panas, namun saya memintannya untuk disajikan dingin. Ternyata rasanya enak juga, meskipun menurut saya madunya cukup manis dan ada baiknya kalau bisa dipisah penyajiannya. 

Akhirnya, Gatherinc adalah sebuah cafe yang kekinian abis di Surabaya Barat. Mencarinya mungkin sedikit tricky, namun usaha itu worth it dengan apa yang akan didapatkan: makanan yang enak, suasana yang comfy, serta space yang luas dan jelas Instagramable. 
lovely cake
Inspiratea
Koko Koper dan kak Imama yang ngasi kue ulang tahun.
 Gatherinc
Jl. Taman Puspa Raya Blok A2 No. 11, Citraland, Surabaya Barat, Surabaya





CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top