3 Pertanyaan Sebelum Memulai Staycation

Akhir-akhir ini saya sedang gandrung-gandrungnya dengan model liburan ala staycation. Postingan di social media juga selalu disertai tagar staycation dan dan caption-caption tentang nikmatnya staycation. Tetapi apa sih sebenarnya staycation itu?

Staycation ternyata adalah sebuah gaya traveling dimana seseorang mengisi liburannya hanya dengan menghabiskan waktu di tempat tinggalnya pada suatu destinasi. Staycation sendiri berasal dari dua kata yaitu Stay dan Vacation, yang intinya adalah pergi untuk diam, menetap, tidak banyak melakukan aktivitas seperti liburan kebanyakan.

Sebenarnya inti dari staycation ini adalah untuk memberikan sensasi leisure dan ketenangan bagi mereka yang sudah jenuh dengan keramaian, hura-hura dan kesibukan. Itu sebabnya staycation biasanya dilakukan di tempat yang sepi, eksklusif, dan jauh dari keramaian. Aktivitasnyapun hanya sekadarnya saja, tidak boleh sampai membuat lelah. Hanya sekadar untuk santai-santai sehingga sehabis staycation jiwa dan raga sudah siap kembali menghadapi kejamnya dunia.

Kali ini saya akan membagikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul sebelum memulai staycation. Tulisan ini hanya sekadar sharing dari pengalaman saya melakukan staycation di Hotel Vila Lumbung Seminyak, Bali.

Kemana Kita Menuju

Tentunya jika tujuan kita adalah untuk menghabiskan waktu di suatu tempat, maka tempat tersebut juga harus menjadi tempat dimana kita akan menginap. Tentulah tempat yang paling tepat untuk dipilih jika ingin staycation adalah hotel. Karena hotel menyediakan semua fasilitas yang mendukung siklus kehidupan kita dari bangun pagi hingga tidur malam hari. Tetapi hotel yang seperti apa yang patut dipilih?

Harus kita ingat bahwa tujuan staycation adalah untuk leisure dan ketenangan, jadi sebisa mungkin hotel tempat kita menginap adalah hotel yang menawarkan dua hal tadi. Bisanya hotel untuk tempat staycation adalah hotel yang berbintang tiga plus ke atas. Dimana hotel ini telah memiliki fasilitas sepeti kolam renang, spa, restoran, dan kamar yang nyaman serta lingkungan hotel yang luas, privasi yang terjaga dan ketenangan dari bisingnya hura-hura kota. Losmen, hostel backpacker, dan hotel budget tidak terlalu bisa dipilih untuk staycation karena terbatasnya fasilitas. Jadinya nanti malah tidak staycation, tetapi vacation akibat harus pergi kesana sini mencari fasilitas seperti sarapan, spa, dll akibat tidak tersedia di tempat menginap.

Soal lokasi hotel, pilihlah juga tempat yang menawarkan ketenangan. Tempat-tempat yang cenderung belum ramai didatangi wisatawan seperti resort di Raja Ampat, Maldives, Ora, Lombok, Kei, atau tempat seperti Nusa Dua, Seminyak, dan Ubud di Bali, ataupun hotel dalam kawasan eksklusif di tengah kota bisa dijadikan pilihan untuk tempat menetap selama staycation.

Aktivitas apa yang Ingin dilakukan

Selama staycation apa yang bisa kita lakukan? Apakah hanya berdiam diri saja di dalam kamar? tentu bosan pastinya. Nah, salah satu alasan memilih hotel yang lengkap fasilitasnya adalah untuk mengatasi kebosanan itu tadi. Jadi selama staycation aktivitas yang kita lakukan adalah menikmati fasilitas yang disediakan oleh hotel tempat kita menginap. Seperti pengalaman saya di Hotel Vila Lumbung Seminyak, yang telah menyediakan fasilitas seperti kolam renang, spa, gym, restoran, dan bar.

Saya biasa memulai hari dengan sarapan di restoran hotel, kemudian saya akan terjun ke kolam renang untuk menikmati segarnya air, dan sehabis itu berjemur di kursi-kursi santai yang telah tersedia di pinggir kolam. Semua itu saya lakukan sesuka hati, terserah saya berapa lama hingga diri ini puas.

Ketika matahari mulai meninggi, saya kemudian menuju restoran hotel untuk makan siang dan memesan cocktail dingin sebagai pengobat suasana panas di siang hari. Jika perut sudah terasa kenyang dan mata mulai mengantuk, berjalanlah saya menuju kamar untuk tidur siang atau tiduran sambil membaca buku. Sore hari sebelum petang, saya kemudian merasakan pijatan Bali Massage setelah sebelumnya badan saya telah dilumuri dengan minyak rempah-rempah tradisional Bali.

Relaksasi yang didapat membuat saya kembali bersemangat dan tubuhpun terasa bugar. Sayapun berlari-lari kecil di treadmil di gym hotel sembari menunggu waktu makan malam datang. Live music mengiringi saya yang merasakan bahagia menyantap makan malam di restoran hotel yang temaram dan begitu romantis akibat suasana yang tidak terlalu riuh dan ramai. Hingga saya merasa kembali mengantuk, barulah saya kembali ke kamar dan tidur untuk memulai kebahagiaan yang sama esok harinya.

Begitulah kira-kira gambaran aktivitas saya jika melakukan staycation. Intinya semua saya lakukan masih di dalam komplek hotel, dan semua aktivitas yang saya lakukan adalah hal yang saya sukai. Model liburan ini tentunya menjamin kebebasan saya dalam mengatur waktu dan aktivitas yang ingin saya lakukan. Sungguh staycation adalah liburan yang bebas, sebebas-bebasnya.

Bagaimana cara mempersiapkan semuanya

Langkah awal dari sebuah staycation adalah mempersiapkan budgetnya. Jika ingin memulai staycation, maka budget yang harus dikeluarkan tentulah tidak sedikit. Biaya menggunakan fasilitas dan makan selama di hotel tentu akan meningkat jauh dibandingkan bila kita melakukan liburan seperti biasanya. Apalagi jika kita memilih hotel yang menawarkan kemewahan, maka menabung yang rajin harus lebih di giatkan. Tetapi menabung yang terkadang sampai membuat jatah makan dikurangi itu tentu akan terbalaskan dengan kenyamanan dan pengalaman yang belum tentu semua orang bisa rasakan.

Setelah siap dengan budget, selanjutnya adalah melakukan reservasi hotel dan tiket pesawat. Saya juga sebisa mungkin mengontak pihak hotel agar melakukan penjemputan kepada saya di bandara. Selain agar bisa langsung menuju ke hotel, dijemput oleh pihak hotel membuat keamanan dan kenayaman juga lebih terjamin.

Akhirnya semuanya kebali kepada siapa yang ingin menikmati sebuah perjalanan. Karena esensi dari kita berjalan sebenarnya bukanlah apa dan dimana kita melakukan sesuatu, tetapi apa dan bagaimana sesuatu itu bisa berguna memperkaya khazanah kehidupan kita. Selamat memperisapkan staycation, bagi anda semua sang pencinta kehidupan!