Pengalaman Saya Menggunakan VivoBook Pro N580

Asus VivoBook Pro N580 adalah jawaban bagi permasalahan saya sebagai seorang freelancer yang suka memproduksi konten digital. Laptop ini sangat membantu saya menyelesaikan pekerjaan.
Share it:


Warna langit Jakarta biru cerah hari itu. Saya sudah mandi, hendak sarapan di restoran Pullman Central Park tempat saya menginap. Hari itu adalah hari terakhir rangkaian acara The Edge Of Beyond yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia. Acara peluncuran enam laptop terbaru dari asus tersebut berlangsung lancar, sukses menjadi tranding topik di jagat maya. Apresiasi masyarakat Indonesia menyambut enam laptop baru itu sungguh luar biasa.

Pagi itu, sesudah sarapan saya berkesempatan untuk mencoba secara langsung laptop yang baru saja diluncurkan. Saya pun tertarik untuk mencoba ASUS VivoBook Pro. Menurut saya, laptop ini adalah jawaban dari banyaknya kendala yang saya alami ketika melakukan pekerjaan. Pekerjaan saya sebagai seorang freelancer pembuat konten digital mengharuskan saya untuk bisa berkerja mobile, mengolah konten yang membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, serta memiliki ide-ide kreatif.

Solusi Lambannya Kinerja Komputer



Terkadang jika saya harus melakukan video editing dan desain grafis.  Agar mengedit video dan grafis bisa mendapatkan hasil yang baik dengan pengaturan kompleks, maka dibutuhkan aplikasi editing yang juga kompleks. Aplikasi editing video dan desain ini sudah pasti akan memakan kapasitas RAM komputer cukup besar. Belum lagi besaran file yang harus disimpan, serta efek grafis yang akan membutuhkan kartu grafis yang gahar. Sistem pendingin dari laptop juga harus baik, karena panas pasti akan terasa ketika mengolah grafis dan video.

VivoBook Pro N580 hadir menjawab kebutuhan itu. RAM laptop ini sebesar 8 gigabyte, sudah memenuhi syrarat untuk bisa diinstal aplikasi seperti Adobe Premiere Pro dan Corel Draw. RAM laptop ini juga sudah bertipe DDR4 2400MHz yang membuat kinerjanya lebih gegas karena frekuensi yang tinggi, dan teknologi RAM yang terbaru. Jika masih kurang, RAM laptop ini bisa ditambah sampai 12 Gigabyte.

Untuk media penyimpanan, maka dibutuhkan tempat menyimpan file yang cepat kinerjanya dan juga kapasitas yang besar. VivoBook Pro N580 menyediakan SSD yang adalah media penyimpanan tercepat, sebesar 128 gigabyte. Sementara itu, media penyimpanan kapasitas esar tersedia HDD sebesar 1 terabyte.

Grafis laptop ini telah didukung Nvidia GTX 1050 VRAM 4 gigabyte GDDR 5. Artinya grafis laptop ini sudah merupakan grafis kelas menengah ke atas yang pasti akan sanggup menjalankan tugas rendering file.

Prosesor dari laptop ini juga sudah kelas tinggi. Intel Core i7-7700HQ menjadi dapur pacunya. Prosesor ini adalah prosesor generasi ke tujuh dari Intel dan merupakan prosesor kelas atas. Kecepatan dan daya tahannya sesuai dengan kemajuan zaman. Sanggup untuk memproses aplikasi-aplikasi yang juga sudah semakin update.

Untuk bisa menjaga suhu laptop tetap dingin dengan jeroan yang segahar itu, maka dibutuhkan sistem pendinginan yang baik. VivoBook Pro N580 menyediakan dua kipas sebagai sistem pendinginan yang terpasang pada CPU dan GPU. Dengan hadirnya dua kipas, maka akan menciptakan sistem pendinginan yang maksimal ketika kinerja laptop sedang tinggi. Noise dari kipas laptop ini relatif senyap, dan hanya terdengar ketika sedang melakukan aktivitas rendering maupun pemrosesan aktivitas berat lainnya.

Solusi Akurasi Warna dan Suara



Hal yang sering saya alami ketika sedang melakukan editing foto di laptop adalah rendahnya kualitas akurasi warna layar ketika menampilkan foto maupun desain. Selain itu, ketika melakukan editing video atau music composing, saya terkadang cukup kesusahan menilai apakah suara yang dikeluarkan sudah cukup baik, karena terkendala speaker yang memang tidak bisa menampilkan kualitas audio dengan baik.

VivoBook Pro N580 menjawab kebutuhan saya. Dengan layar sebesar 15,6 inci, laptop ini memberikan layar yang lapang dan tetap nyaman ketika diajak melakukan multi tasking. Layarnya memiliki kecerahan sebesar 300 nits, 282 ppi, dan coverage area warna atau sRGB hingga 100 persen. Artinya kualitas layar laptop ini mampu menampilkan warna yang cerah dan akurat. Ditambah lagi, ASUS memberikan fitur optimaliasi visual dari sisi software. ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video, dam TureVivid. Aplikasi ini berturut-turut akan membuat layar laptop menjadi cerah, jernih, dan tampilan gambar bergerak yang sangat bagus.

Dari pengalaman saya menggunakan laptop ini, layarnya memang memberikan tampilan yang sangat tajam. Warna-warna yang dihasilkan memang cukup tajam. Kekurangnnya layarnya belum terlapisi seperti laptop-laptop yang lebih mahal, sehingga membuat antara bezel dan layar masih terlihat terpisah.

Untuk suara, laptop ini saya harus akui memiliki speaker yang keren banget. Speaker dengan sertifikasi Harman / Kardon ini memiliki bass yang dentumannya kerasa. Suaranya jernih dan detil-detil tone lagu yang sangat rendah juga terdengar. Dalam kondisi outdoor pun speaker laptop ini mampu menghadirkan suara yang sangat mumpuni. Hal ini berkat optimasi dari teknologi Smart Amp. Teknologi ini mampu memaksimalkan audip yang kencang namun tetap jernih dan terdengar enak. Efeknya, audio dari VivoBook Pro N580 akan terdengar 2.5 kali lebih nge-bass, dan 3 kali lebih kencang dari laptop ASUS lain yang belum dilengkapi teknologi tersebut.

Solusi Mobilitas dan Privasi



Terkadang ketika melakukan traveling, saya sebisa mungkin untuk membawa beban yang ringan. Karena beban ringan akan memudahkan aktivitas, mobilitas, dan melegakan kapasitas tas. Karena ketika traveling juga tetap harus membawa laptop agar tetap bisa berkerja dan mencopy data dari kamera. Dengan ketebalan hanya 17.9 mm, maka laptop ini tergolong laptop yang tipis. Dimensinya yang hanya seberat 2 kilogram memang mungkin relatif sedikit berat, tetapi masih tetap enteng untuk dibawa. Saya tetap bisa mobile tanpa harus takut membawa laptop karena tas saya masih tetap lega untuk menyimpan bodinya yang tipis.

Selain itu laptop ini sangat menjamin privasi penggunanya. Finger print yang terletak di touch pad laptop ini membuat saya merasa lebih aman dengan privasi dan keamanan data-data saya dari orang-orang tidak bertanggung jawab. Terakhir, desain berbaluut alumunium membuat laptop ini menjadi kokoh, dan memiliki tampilan desain yang menawan. Mewah namun tetap gagah.



Kesimpulan

Menurut saya, VivoBook Pro N580 adalah jawaban bagi permasalahan saya sebagai seorang freelancer yang suka memproduksi konten digital. Laptop ini sangat membantu saya menyelesaikan pekerjaan. Kekurangannya hanya pada OS awal yang didapatkan adalah Endless OS, sehingga perlu melakukan instal Windows sendiri jika ingin menjalankan aplikasi-aplikasi mainstream. Selebihnya, saya sangat puas!

Main Spec. ASUS VivoBook Pro N580

  • CPU : Intel® Core™ i7-7700HQ Processor 2.8 GHz (6M Cache, up to 3.8 GHz)
  • Operating System : Endless OS
  • Memory : 8GB DDR4 2400MHz SDRAM
  • Storage : 1TB HDD + 128GB SSD
  • Display : 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti Glare Panel
  • Graphics : Gaming Discrete Graphics Nvidia GTX 1050 VRAM 4GB GDDR5
  • Input/Output : 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 ports
  • Camera : VGA Web Camera
  • Connectivity : Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
  • Audio : Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone ASUS SonicMaster Premium Technology
  • Battery : 3 Cells 42 Whrs Battery with fast charging technology, 60% in 48 minutes
  • Dimension : (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
  • Weight : 2Kg with Battery
  • Colors : Gold
  • Accessories : Free backpack senilai Rp299.000
  • Warranty : 2 tahun garansi global, senilai Rp1.250.000






Share it:

asus

campaign

konten

review

spesial

Post A Comment:

9 comments:

  1. Ghanaa, kmren aku pingin fotp dg gaya tengkurep, ngadep leptop dan dg begron city view dibalik jendela gitu. Tp perutku melarwng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tekakak baca komen ini sambil bayangin kamu mau tengkurep..

      Delete
    2. iyaaa mbaa noeee... kesian dedenyaa nanti telungkupaan hehehe

      Delete
  2. Duh, cocok lah ini buat gantiin letopku. Soalnya sejak mulai aktif bikin video, berasa banget kalo emang butuh letop yg punya GPU manteb

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak. kalo pake laptop ini pasti lancar editingnya

      Delete
  3. Cocok buat aku juga nih. Pokoknya semua merk Asus cocok deh buat aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa om... merek berkualitas yaaa... mana ada lawan hehehe

      Delete
  4. Makin cetar nih Ghana prestasi ngeblognya klo pake notebook kece ini. Aku juga mau dooonkkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiin mbaaaa... boleh baa unieeek.. biar mba uniek makin cetar jugaa

      Delete