Review Hotel Vila Lumbung Seminyak


Dulu sewaktu kecil, ketika pulang ke kampung ayah, saya sering terkesima dengan rumah-rumah panggung kecil beratap sirap di belakang rumah warga desa. Berkali-kali saya bertanya pada ayah tentang rumah tersebut, dan selalu dijawab ayah dengan penjelasan tentang rumah lumbung tempat menyimpan padi. Ingin sekali saya memanjat tangga kayu menuju pintu kecil di rumah panggung itu. Imajinasi saya kemudian tenggelam pada bermain di tumpukan padi yang telah dipanen dan tidur di malam hari dalam rumah lumbung itu. Sungguh angan-angan saya begitu liar, tetapi pada saat yang sama begitu sederhana. Rumah lumbung yang begitu sederhana bisa menarik seorang Albert kecil untuk tidur di dalamnya.


Puluhan tahun berselang, memori tentang lumbung sudah mulai pudar dari angan saya. Di kampung ayah sudah tidak terlalu banyak lumbung yang berdiri, semua terganti tempat penyimpanan beras yang lebih modern. Tetapi memori masa kecil itu tidak hilang, hanya tidur dan tinggal menunggu waktu untuk dibangkitkan. Hingga pada suatu masa di medio awal bulan September 2016, memori masa kecil tersebut akhirnya bisa terngiang kembali. Kali ini tidak di kampung Ayah, tetapi nun jauh di pulau yang terkenal menjadi rumah dewa-dewi. 

Deluxe Lumbung
Ya! Bali. Untuk kali kedua saya pergi ke Bali, dan kali ini menginap di tempat yang sedikit banyak memiliki ikatan pada memori masa kecil saya. Saya menginap di Hotel Vila Lumbung Seminyak. Sebuah resort yang menyajikan sensasi menginap di vila yang menyerupai bentuk lumbung, lengkap dengan suasana desa yang hijau dan berudara segar. Dengan mudah angan saya melayang jauh pada memori-memori tentang impian tidur dalam lumbung. Tentang impian untuk menginap di desa sepi, sambil membaca buku, berenang, merawat diri, dan menghabiskan hari merenung tentang hal-hal sederhana dalam hidup ini. Sepi, sendiri. Sungguh saya sudah terbayang sebuah liburan yang bisa membuat saya lebih mengenal diri sendiri.

Lokasi

Resort ini terletak pada jalan Petitenget, yang adalah jalan utama di Seminyak. Banyak bar, restoran, toko-toko dan wira-wiri turis yang seolah tidak pernah berhenti dari pagi hingga malam hari. Tetapi ada suasana berbeda ketika memasuki gerbang Hotel Villa Lumbung ini. Suasana seminyak yang yang terik dengan panasnya matahari dan ramai lalu-lalang kendaraan seketika berubah menjadi sejuk lengkap dengan orkestra siulan burung, dan gemeresik daun-daun di pohon-pohon berkanopi lebar di kiri-kanan jalan. Seketika saya merasa sangat teduh. Seketika saya sudah merasakan seolah berada di Desa Ubud yang asri dan hijau. 

Suasana hijau rasa Ubud di Hotel Vila Lumbung
Meski menawarkan kesunyian dan asrinya lingkungan resort, tetapi hotel ini juga tidak terasing dari kehidupan Bali yang ramai dan dinamis. Cukup berjalan sekitar 10-15 menit saya telah mencapai pantai-pantai yang menawarkan sunset yang menawan, lengkap dengan beach clubnya yang tidak pernah mengenal kata sepi. Saya juga bisa berbelanja ke pusat oleh-oleh yang terletak hanya sepelemparan batu dari hotel ini. Sungguh keseimbangan hidup yang tenang dan juga hidup yang dinamis dan berjiwa muda bisa didapatkan di hotel ini.

Kamar

Terdapat beberapa tipe kamar di hotel ini. Kamar superior adalah kamar yang memiliki fasilitas paling dasar. Meski kelasnya plaing standar, kamar superior tetap saja menawarkan fasilitas yang sangat memadai. Dengan bentuk bangunan blok tiga lantai yang langsung menghadap kolam renang, tipe kamar ini cocok bagi mereka yang menyukai model kamar yang lebih modern dan berjiwa muda. Terdapat balkon di setiap kamar yang menjadi nilai lebih dari tipe kamar ini. Hanya saja sensasi menginap dalam rumah lumbung tidak bisa didapatkan disini, karena bentuk bangunannya yang lebih mirip seperti bangunan hotel-hotel modern. 

Interior dan view dari kamar superior
Sensasi tidur dalam lumbung baru bisa dirasakan pada kamar dengan tipe deluxe. Kamar-kamar ini menempati rumah-rumah dua tingkat yang menyerupai vila berbentuk lumbung. Kamar-kamar ini tersebar di sepanjang jalan-jalan kecil yang membuat kompleks hotel ini terlihat seperti sebuah desa dengan rumah-rumah lumbung di dalamnya. Pada kesempatan menginap kali ini, saya mendapatkan kamar bertipe Deluxe Family. Kamar ini memiliki luar 65 meter persegi. Begitu luas lengkap dengan kamar mandi dengan bathup dan shower terpisah, bale yang bisa disulap menjadi bed untuk orang tambahan, dan dapur lengkap dengan kulkas, dan kompor. Persis sebuah rumah untuk satu keluarga kecil. 

Hal yang paling menarik dari hotel ini adalah terdapat vila dengan tiga bed room, yang sangat cocok bagi rombongan keluarga besar. Vila tiga tingkat ini begitu megah dan dapat menampung 6-8 orang. Terdapat ruang keluarga yang begitu luas, bisa digunakan sebagai tempat menjamu tamu atau rapat keluarga. Terdapat dua bathroom di lantai satu dan dua, serta teras rumah yang juga lebar lengkap dengan kursi-kursi santai. Tipe vila tiga bed room ini memberikan sensasi menginap dalam sebuah lumbung raksasa. Sungguh jika saya punya rejeki banyak, ingin rasanya membawa sekeluarga tidur dalam kamar tipe three bed room vila ini. 

Three Bed Room Vila
Hal yang saya suka dari hotel ini adalah semua tipe kamar telah dilengkapi dengan bathup. Berendam santai menimati air hangat dan rempah-rempah Bali bisa dilakukan dengan leluasa di hotel ini. Hanya saja karena konsepnya yang tradisonal, furniture hotel ini terkesan kuno. Tetapi bagi saya tidak terlalu menjadi masalah karena masih menyatu dengan konsep hotel yang alami asalkan kebersihannya tetap terjaga. Pada saat saya menginap, kebersihan kamar cukup terjaga baik. Hanya saja bisa ditingkatkan kebersihannya, terutama pada detil-detil yang jarang dibersihkan seperti langit-langit toilet, kusen-kusen, dan lampu-lampu serta lemari. 

Bathroom super luas

Fasilitas

Meskipun hotel ini berkonsep tradisional, tetapi hotel ini tetap menawarkan fasilitas kelas modern. Kolam renang dua tingkat lengkap dengan air terjun dan pool bar tersedia di hotel ini. Restoran dan bar juga selalu siap memanjakan anda dengan pilihan makanan dari bebagai penjuru dunia, cocktail dan mocktail yang menyegarkan, dan pilihan sarapan yang cukup beragam. Terdapat pula Spa dimana anda bisa mendapatkan perawatan tubuh yang menawarkan sensasi relaksasi tradisional Bali. Cerita tentang restoran, Spa, dan kolam renang nanti akan saya tuturkan pada postingan tersendiri. Selain itu, shuttle untuk antar jemput dari dan ke bandara juga bisa anda minta, selain amenities yang begitu lengkap – terdiri dari sabun, shampoo, sisir, dental kit, alat cukur, hair dryer, sendal, kimono, handuk, dll – dalam setiap kamar di hotel ini. Hanya saja untuk amenities agak disayangkan belum menggunakan produk yang memiliki merek dan kualitas premium. Akan lebih menarik jika hotel ini bisa menawarkan produk amenities yang terkenal pula kualitas produknya. Niscaya kualitas fasilitasnya akan meningkat.

Dikemas dalam box unik

Pelayanan

Sentuhan keramahan khas Vila Lumbung
Hal yang paling membuat saya terkesan dari hotel ini ternyata bukanlah menghidupi mimpi masa kecil tentang tidur di dalam sebuah rumah lumbung. Tetapi lebih pada senyum ramah, dan sapaan morning spirit yang saya dapatkan baik pagi, siang maupun malam hari. Staf hotel Vila Lumbung begitu ramah, interaktif, murah senyum dan tulus memberikan pelayanan sepenuh hati. Senyum mereka benar-benar menjadi magnet yang membuat saya enggan pergi dari hotel ini. Berhasil membangun jalinan rasa antar manusia, membuat hotel ini sukses menggaet tamu-tamunya selalu kembali untuk menginap dan betah berlama-lama tinggal di hotel ini. Sungguh manusia mana yang tidak akan terpikat dengan keramahan dan perhatian yang tulus dari sesamanya, dan saya menemukan itu di hotel ini.

Kesimpulan

 
 
Hotel Vila Lumbung adalah sebuah penggenapan dari mimpi saya menginap di sebuah rumah tradisional dengan lingkungan yang asri. Disini saya bisa dengan enjoy menikmati kesunyian alam, dan kesendirian sambil merenungkan tentang hal-hal yang berputar-putar dalam kepala saya tentang kehidupan. Saya sungguh merasakan liburan yang tenang dan benar-benar menyegarkan, terlebih ikatan rasa yang terjalin akibat keramahan dan senyuman membuat saya pasti akan kembali lagi ke hotel ini. Lokasi yang strategis, dan fasilitas yang lengkap menjadi daya tarik lebih hotel yang menwarkan konsep Ubud dalam ramainya Seminyak ini.

Saya akan kembali, tidak hanya untuk menghidupi mimpi tidur dalam lumbung padi, tetapi juga untuk memulihkan pikiran dan diri dengan senyuman dan keramahan Bali di hotel ini. 

Vila Lumbung
Jalan Raya Petitenget no. 1000x Seminyak - Bali Indonesia
Phone: +62 361 4730204
Fax: +62 361 4731106
Email: sales@hotellumbung.com
website: www.hotellumbung.com

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top