15 Bali Trivia Buat Traveler Pemula

Share it:

image

Setelah tiga seri postingan menye-menye saya soal Bali, maka kali ini saya akan memberikan pada anda informasi-informasi singkat soal Bali, yang berguna bagi anda traveler pemula, sama seperti saya. Buat yang sudah pro mungkin sudah tidak perlu membaca trivia ini. Intinya, Take nothing but pictures, Leave nothing but foot steps, Kill nothing but time, happy responsible traveling!


image

1. Mayoritas orang Bali beragama Hindu

2. Sebagai orang hindu, Sapi merupakan hewan sakral karena menjadi kendaraan Dewa Siwa, sehingga mayoritas orang Bali tidak makan Sapi.
image
Lovely bar di tepi laut
image
Warung Made, salah satu tempat makan terkenal di Bali
3. Karena tidak makan sapi, masyarakat Bali lebih sering makan Ayam ataupun Babi, sehingga dalam mencari makanan pastikan apa makanan anda, dan anda bisa mencari warung halal, warung jawa, ataupun restoran internasional dan fast food untuk mencari makanan halal. Bagi anda penyuka Pork, maka Bali merupakan surga untuk anda memuaskan nafsu makan anda.

4. Bali masih teguh memegang adat istiadat mereka. Canang merupakan persembahan pada dewa yang diletakan di depan rumah atau gedung. Terdiri dari bunga-bungaan, makanan, dupa, recehan, dll yang diletakan dalam wadah dari janur kelapa.
image
Ada Kelenteng di Bali, dan di depan kelenteng itu ada canang yang bersanding dengan Hio.
5. Usahakan untuk tidak menginjak atau tidak melangkahi Canang dengan sengaja, karena dipercaya dapat membawa malapetaka bagi yang melakukannya.

6. Masih terdapat beberapa tempat yang dianggap sakral, seperti pura, taman, hutan, tugu, dll. Oleh karena itu lebih baik memakai pakaian sopan dan tertutup jika mengunjungi tempat tersebut. Jika anda sedang datang bulan, utarakan pada pemandu atau juru kunci tempat wisata apakah anda tetap boleh masuk tempat itu atau tidak.
image
Puaskan hasrat belanja anda di deretan pertokoan ini
7. Upacara adat di Bali dapat terjadi setiap hari dan menyebabkan beberapa ruas jalan ditutup. Pastikan kendaraan dan jalur wisata anda. Menonton upacara adat juga merupakan atraksi menarik.

8. Transportasi umum di Bali sedikit susah. Taxi adalah pilihan utama bagi anda yang memiliki bujet lebih untuk mobilitas, selain mobil carteran, angkutan umum yang jarang lewat dan motor sewaan. Selain itu, berjalan kaki adalah cara terbaik untuk mengeksplore Bali.

9. Pengianapan di Bali bervariasi dari hotel bintang 5+ sampai kelas hostel backpakcer dengan tipe dorm. Pilih sesuai budget mu!
image
|
image
10. Akan banyak yang menawarkan paket wisata di sepanjang jalan-jalan Kuta - Legian, If you think it’s worth it, then take it. If you think not worth it, then reject it politely.

11. Sebelum beli sovenir, survei ke beberapa tempat dulu. Jangan terkecoh karena terkadang toko yang memasang harga pas akan menjual lebih mahal dari pada toko yangt bisa ditawar (go to traditional market). Art of Shopping: Bargain it man!

12. Bali is lovely place buat pengagum arsitektur. Banyak bangunan berarsitektur keren disini.

image
Salah satu gedung berarsitektur keren di Bali
13. Jangan lupa memakai Sun Block, matahari bali lumayan terik untuk membakar kulit anda. Jika ingin taning kulit juga jangan lupa pake sun block biar tidak terpapar sinar UV berlebih.
image
|
image

14. Sopan dan ramahlah pada siapapun, jangan sungkan memberi Tip jika pelayanannya memuaskan. Jangan malu bertanya, semua orang disini begitu informatif, tetapi jangan sampai terjebak rayuan.

15. Be civilized and don’t litter! Hormati orang lain, jangan menyerobot antrian dan buanglah sampah pada tempatnya! Happy Holiday!
image
A spot in a corner of Bali
Mungkin ada info tambahan yang belum ada di Trivia ini, bisa di tambahkan di comment :D
Share it:

indonesia

kota

Post A Comment:

0 comments: